Kaktus Tren Terbaru Dekorasi Rumah

Kaktus tren terbaru dekorasi rumah | Tanaman hias yang sering muncul dalam film cowboy ini punya aneka bentuk dengan warna yang indah buat Anda yang ingin mempercantik interior rumah.

Tanaman kaktus merupakan jenis tanaman kering yang biasanya digunakan sebagai tanaman untuk menghias pekarangan rumah. Keistimewaan tanaman ini yaitu dapat hidup di daerah kering seperti gurun dan bisa hidup dalam jangka waktu yang lama tanpa air.

Tanaman kaktus hias biasanya berukuran mini dengan media tanam berupa pot. Karena memiliki bentuk yang unik dan lucu, kaktus dapat digunakan untuk mendekor interior rumah tanpa repot untuk menyiram setiap hari.

Merawat Kaktus

(Merawat Kaktus. Sumber foto: pinterest.com)

Selain karena perawatan yang mudah, kaktus juga digemari karena memiliki ukuran yang kecil, bisa ditanam di dalam pot yang lucu dan warna-warni, serta dapat diletakkan dimana pun tanpa khawatir akan mengganggu aktivitas. Bagi anak muda, kaktus dapat diletakkan di meja belajar ataupun di rak buku untuk mempermanis kamar tidur juga bermanfaat untuk menyegarkan mata saat lelah belajar.

Selain itu, kaktus juga bisa diletakkan di ruang tamu, bisa diletakkan di atas meja ruang tamu, di rak TV, rak buku ataupun di meja sudut. Untuk Anda yang suka dengan desain yang sederhana dapat memilih kaktus berwarna hijau dengan pot berwarna putih atau terakota, untuk anak muda boleh saja memilih kaktus warna kuning atau merah dengan pot berwarna senada.

Bagi Anda yang tertarik dengan tanaman mungil ini bisa ditemukan dengan mudah dengan kisaran harga mulai dari 10.000 rupiah. Jaman sekarang kaktus banyak dijual di online shop ataupun marketplace dan biasanya sudah dilengkapi dengan pot yang tentunya bisa dipilih sesuai selera Anda, mudah bukan?

Merawat Tanaman Kaktus

Walaupun tidak perlu sering disiram, tanaman ini tetap membutuhkan perawatan agar tidak layu. Untuk media tanam dapat menggunakan campuran pasir dan sekam bakar. Agar kaktus tidak mudah membusuk juga dapat ditambahkan pumice (batu vulkanik yang ringan dan berpori) untuk menjaga media tanam tidak lembab.

Cara menyiram kaktus yaitu dengan menyiram ke arah media tanam, dapat dilakukan seminggu sekali. Semprotkan air dengan debit kecil lalu biarkan agar menyerap, mengering atau menguap dengan sendirinya. Jangan lupa untuk menempatkan kaktus di area yang terang tetapi tidak terkena cahaya matahari langsung.

kaktus tren rumah 1

(Kaktus sebagai dekorasi interior. Sumber foto: pinterest.com)

Kaktus yang Cocok Untuk Dekorasi Interior

Keberagaman warna dan bentuk tanaman kaktus menyebabkan banyak orang yang ingin mengkombinasikan berbagai warna dari tanaman kaktus ke dalam pot, hal ini tentunya sangat cantik dan indah. Namun, perlu diketahui bahwa kaktus berwana selain hijau kurang tumbuh baik di dalam ruangan.

Sehingga disarankan untuk memilih kaktus dengan warna hijau tetapi sahabat dirumah dapat mengkombinasikan bentuk dari kaktus-kaktus ini.

Untuk pot kecil, dapat mengkombinasikan 2 jenis kaktus dengan bentuk yang berbeda. Untuk pot yang lebih besar dapat mengkombinasikan 3 sampai 6 jenis kaktus dengan bentuk yang berbeda.

kaktus tren rumah 3

(Rangkaian kaktus dalam pot gerabah. Sumber foto: pinterest.com)

Agar menambah daya tarik, sahabat di rumah dapat menggunakan pot dengan bentuk yang unik. Kaktus dengan pot yang unik sedang menjadi trend saat ini. Ada beragam bentuk yang tersedia seperti bentuk binatang, bentuk wadah penyiram tanaman, bentuk boneka, dan lain sebagainya. Tersedia juga pot dengan beragam warna ada yang polos, bertekstur atau bermotif.

Kombinasi Kaktus untuk Dekorasi Interior Ruang di Rumah

Untuk dekorasi kamar tidur dengan style Scandinavian atau minimalis, kaktus yang boleh jadi pilihan adalah kaktus berwarna hijau dengan berbagai macam bentuk yang dirangkai dalam pot kaca atau yang sekarang disebut terrarium.

Salah satu manfaat kaktus ditanam dalam pot kaca agar membantu mengkondisikan suhu dalam pot tetap hangat agar kaktus tidak mudah layu, jangan lupa untuk meletakkan kaktus dekat dengan cahaya matahari tapi tidak terkena cahaya matahari langsung. Dengan media tanam berupa pot kaca akan memberi kesan sederhana tetapi mewah sehingga cocok untuk kamar dengan style style Scandinavian atau minimalis, warna dinding apapun juga akan cocok dengan pot kaca ini. Tanaman ini dapat diletakkan di meja sebelah tempat tidur, meja televisi ataupun di meja belajar.

Rangkaian kaktus dalam pot kaca/ terrarium

(Rangkaian kaktus dalam pot kaca/ terrarium. Sumber foto: pinterest.com)

Tanaman kaktus diletakkan di meja sebelah tempat tidur.

(Tanaman kaktus diletakkan di meja sebelah tempat tidur. Sumber foto: pinterest.com)

Untuk dekorasi ruang tamu dan ruang baca bentuk dan penataan kaktus dapat lebih beragam, boleh merangkai 1 kaktus dalam 1 pot kecil, boleh merangkai beberapa kaktus dalam 1 pot besar. Untuk ruang tamu dengan dinding berwarna putih, boleh meletakkan kaktus dengan pot berwarna putih bermotif, pot gerabah berwarna terakota, ataupun pot warna warni.

Jika dinding berwarna abu-abu, kaktus dalam pot semen dan pot berwarna hitam bisa jadi pilihan. Anda juga dapat berkreasi dengan ukuran kaktus, untuk kaktus berukuran kecil dapat diletakkan di meja ruang tamu, rak televisi, rak buku dan ambalan.

Kaktus berukuran besar dapat diletakkan di samping sofa atau kursi baca. Jika ingin mendekorasi ruang tamu dengan style modern, kaktus dengan pot besi berwarna emas, rosegold dan silver boleh menjadi pilihan, pemilihan pot ini dapat menimbulkan kesan elegant, mewah dan moderen.

Tanaman kaktus berukuran besar diletakkan di sebelah kursi baca

(Tanaman kaktus berukuran besar diletakkan di sebelah kursi baca. Sumber foto: pinterest.com)

Tanaman kaktus sebagai dekorasi ruang tamu.

(Tanaman kaktus sebagai dekorasi ruang tamu. Sumber foto: pinterest.com)

Tanaman kaktus dalam media tanam pot besi.

(Tanaman kaktus dalam media tanam pot besi. Sumber foto: pinterest.com)

Sumber teks: Ferensia Tioris, Universitas Kristen Petra Surabaya
Sumber foto: Pinterest.com

Leave a Comment.