Website Parallax Dengan Efek Scroll Paling Keren

Semakin banyak situs yang menggunakan teknik scrolling, terutama parallax scrolling dalam penyajian konten di sebuah website, tentunya ini menimbulkan sesuatu yang beda dengan website-website kebayakan.

Namun sekarang ada sebuah teknik baru yang digunakan oleh web developer dalam penggunaan parallax scrolling di website, ini bisa dibilang level berikutnya dari parallax scrolling yaitu level sinematic.

Website The Sierra 2014 yang dibuat oleh DigitasLBi AS dan MediaMonks ini dirancang untuk sebuah Broadcast Campaign, menggunakan fitur suara yang ada di HTML5 dan Hollywood Calibre Computer Generate Imagery (CGI) dan ini tentunya menyajikan sesuatu yang berbeda dengan efek scrolling yang biasa kita lihat di website parallax.

Dengan scrolling model seperti ini pengunjung bisa melihat, mendengar dan merasakan fitur-fitur canggih dari Sierra pickup terbaru. Menggunakan Context-dependent interactions & full-frame HD animation. Hm….rasanya seperti permainan sinematik dalam sebuah website scroll.

sierra4

New Dimention

“Scrolling sites to date have seemed lightweight, two-dimensional and thin,” kata Jouke Vuurmans, interactive director MediaMonks.

Filmed sequences

Faktanya menurut Vuurmans, itu munkin terlihat seperti beberapa hal yang sudah di film-kan, dan hampir semua adalah CG.
Untuk meningkatkan kualitas dan realisme dari hasil akhirnya, misal dalam bagian “Exterior” kalau kita lihat ada transisi dimana kamera menuju ke dalam air.

sierra5

Jika anda penasaran langsung saja lihat dan nikmati betapa keren nya efek yang ada di website ini, namun tentunya ini memakan waktu agak lama untuk loading awal, karena cukup banyak animasi yang akan di load. Mungkin ini yang masih jadi kendala jika anda ingin membuat website serupa.

DEMO

Sekian ulasan singkat MajalahDesain.com tentang efek scroll keren dari website GMC Sierra 2014 di penghujung Februari ini, silahkan lihat website nya langsung jika ingin melihat efeknya.

Semoga menginspirasi kita semua untuk bisa menerapkan ini juga di pekerjaan-pekerjaan web development berikutnya.

9 Comments

  1. Jquery atau hanya css3. Tanpa flash sehingga kompatibel di hampir semua browser yang ngedukung itu dua. Tapi kurang bagus kalau dilihat lewat hp. Dan halaman web parallax cenderung lebih berat.

    Reply

Leave a Comment.